aNto GO Blog

New Release

Friend

Statistik

Info Blog

Ping your blog, website, or RSS feed for Free Online Users Check Google Page Rank Free Automatic Google Backlinks - SEO The Mass Auto DDL Submitter url submit PING

Other

free counters
-

Thursday, January 10, 2013

Memperbaiki Print Spooler is Not Running


Sobat aNto-Go mungkin pernah mengalami yang tiba-tiba sobat tidak bisa mencetak (printing) dari komputer sobat sendiri sedangkan kemarin atau beberapa hari lalu bisa bahkan baik-baik saja tanpa ada masalah dalam melakukan printing tersebut. Dan setelah kita cek di Printers & Faxes ternyata di situ tidak terdapat icon dari printer kita dan ketika kita coba meng-install-nya driver lagi printer lewat Add a printer (Control Panel > Printers and Faxes) juga tidak bisa, namun yang muncul adalah pesan error yang menyatakan “Operation could not be completed. The print spooler is not running”!
Dapat dipastikan kalau komputer sobat mengalami masalah dan permasalahan itu terdapat pada sebuah service Windows yaitu Printer Spooler.

Cara Pertama yang sobat harus lakukan adalah mengecek Printer Spooler kemungkinan masih bisa langsung di Start kembali adalah sebagai berikut:
1. Klik Start > Run
2. Ketikkan services.msc klik OK
3. Cari Print Spooler klik kanan dan pilih Properties
4. Pada Startup type pilih Automatic, kemudian klik Apply
5. Diteruskan dengan klik Start > OK
5. Kemudian restart Komputer.

Cara Kedua sobat cari file-file Printer Spooler dari komputer lain yang bagus dan bersih dari virus di antaranya sebagai berikut:

- winspool.drv
- winspool.exe
- spoolss.dll
- folder spool
- spoolsv.exe


Copykan semua file tersebut di C:\WINDOWS\system32. Setelah semua tercopy restart komputer sobat dan coba kembali Cara Pertama dengan membuka services.msc untuk mengaktifkan Printer Spooler tadi.

Cara Ketiga ini kita menggunakan sofware MicrosoftFixit untuk mengaktifkan Printer Spooler tadi.
1. Download MicrosoftFixit dan Instal
2. Pada saat instalasi beri cek/centang pada "Reset print spooler to defaults".
3. Setelah selesai proses instalasi coba kembali Add Printer di Printers and Faxes.


Cara Keempat jika semua cara di atas sobat telah lakukan dan masih tidak bisa juga aNto-Go sarankan komputer sobat harus di instal ulang mungkin telah terlalu banyak virus yang bersarang di komputer sobat.

0 comments

Post a Comment

Terima kasih telah membaca Memperbaiki Print Spooler is Not Running, Bila ada artikel yang sudah tidak relevan atau ada link yang rusak, mohon pemberitahuannya melalui komentar. Secepatnya kami akan segera memperbaiki, Terima kasih. -aNto-Go

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...